Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin – Vitamin B merupakan 8 vitamin yang terdapat pada air, vitamin B ini disebut juga dengan vitamin B kompleks. Artinya berperan sangat penting dalam menjaga sel-sel dalam tubuh. Ada banyak manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Setiap jenis vitamin B yang ada tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Meski demikian, setiap jenis vitamin B tetap memiliki kegunaannya, yakni untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam hingga luar.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Di bawah ini adalah ikhtisar jenis vitamin B, manfaatnya, dan apa yang perlu Anda ketahui tentang asupan harian Anda. Mari kita lihat! 1.Vitamin B1

Makanan Sumber Beta Karoten Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Juga dikenal sebagai tiamin. Manfaat vitamin B1 adalah membantu menjaga kesehatan sistem saraf. Ia juga mampu menghasilkan energi dan nutrisi untuk berfungsinya metabolisme.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Pedoman Diet Vitamin B1 yang sebaiknya dikonsumsi orang dewasa adalah sekitar 1,1 hingga 1,2 miligram per hari. Makanan yang mengandung vitamin B1 setiap hari bisa dengan mudah Anda temukan, antara lain nasi merah, roti gandum, pisang, jeruk, kacang-kacangan, dan beberapa biji-bijian. 2. Vitamin B2

Vitamin B2 juga dikenal sebagai riboflavin. Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin B2, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat besar penggunaan vitamin B2 adalah baik untuk kulit, mata, saraf, serta membantu kelancaran pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan Penjaga Daya Tahan. Sedap. Edisi 5. 2017. Hal 82 83

Makanan kaya vitamin B2 antara lain daging, tuna, salmon, kedelai, susu, kuning telur, kedelai, almond, dan gandum.

Tunjangan diet yang direkomendasikan untuk vitamin B2 untuk orang dewasa adalah 1,1 hingga 1,2 miligram per hari. 3.Vitamin B3

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Juga dikenal sebagai niacin, membantu menjaga fungsi sistem saraf dan mirip dengan vitamin B2 yang menjaga kesehatan kulit dan membantu tubuh menghasilkan energi. Makanan kaya B3 bisa Anda temukan pada daging, ikan, dan telur.

Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin C, Tak Cuma Jeruk

Orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 14 hingga 16 miligram vitamin B3 setiap hari. 4.Vitamin B5

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Itu juga bisa disebut asam pantotenat. Manfaatnya adalah tubuh dapat memproduksi hormon pertumbuhan. Orang dewasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 dengan mengonsumsi setidaknya 5 miligram vitamin B5 setiap hari.

Makanan yang mengandung vitamin B5 antara lain daging, gandum, sayuran, dan okra. 5. Vitamin B6

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Sumber Makanan Yang Mengandung Zat Besi, Gampang Dicari!

Bisa juga disebut piridoksin yang berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Peran sel darah merah adalah membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Makanan yang mengandung B6 adalah makanan sejenis protein yang diubah menjadi karbohidrat, atau energi bagi tubuh, antara lain daging ayam, kacang-kacangan, kentang, ikan, pisang, dan susu.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Sebagai orang dewasa, Anda harus memenuhi kebutuhan harian minimal 1,3 miligram B6. 6. Vitamin B7

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Yang Mengandung Banyak Vitamin Bagi Rambut

Dikenal juga dengan nama latinnya, biotin, membantu proses mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Bahkan kandungan vitamin B7 membantu menjaga kesehatan kulit, saraf, rambut, mata, dan juga membantu menjaga kesehatan liver.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Vitamin B7 bermanfaat bagi ibu hamil karena membantu tumbuh kembang janin. Makanan yang bisa Anda dapatkan dengan kandungan nutrisi B7: selain biji-bijian, kuning telur, kacang-kacangan dan jeroan, kembang kol, biji-bijian, disusul pisang dan jamur.

Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 30 mikrogram vitamin B7 setiap hari. 7. Vitamin B9 (asam folat)

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Bisa juga disebut dengan asam folat yang penting untuk produksi hemoglobin serta baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Asupan vitamin B9 harian yang direkomendasikan adalah 400 mikrogram untuk orang dewasa. Sementara itu, khusus ibu hamil, 600 mikrogram vitamin B9 harus terpenuhi setiap hari.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan tinggi asam folat antara lain brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, kacang hijau, dan kangkung. 8. Vitamin B12

Bisa Bikin Kenyang, Ini 4 Makanan Kaya Serat 0

Asupan harian untuk orang dewasa adalah 5 mikrogram vitamin B12. Sumber makanannya tentu saja ikan, daging, telur, serta susu dan keju.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi B kompleks dan diiringi dengan olah raga serta pola makan seimbang. Jangan berlebihan, apalagi sampai terlewatkan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh acuh terhadap kesehatan Anda. Makanan yang Anda konsumsi harus selalu segar dan berkualitas terbaik.

Bagi Anda yang membutuhkan bahan makanan sehat dan segar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin B kompleks seperti sayur mayur dan buah-buahan, Anda bisa berbelanja langsung di Astro. Astro siap memesan 24 jam sehari dan tentunya siap memenuhi kebutuhan vitamin B Anda dengan sayur dan buah segar yang cepat sampai tujuan. Ayo pesan melalui aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store dan App Store Beranda › Vitamin & Suplemen › Daftar makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D, E dan K!

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan Mengandung Zinc Yang Baik U/ Kesehatan 📌

Selama pandemi COVID-19, fungsi sistem kekebalan tubuh sangatlah penting. Untuk menjaganya dari dalam, tentunya tubuh Anda membutuhkan vitamin dan nutrisi yang cukup. Permasalahannya, masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan makanannya. Padahal, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sama pentingnya dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan. Gunakan berbagai bahan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda.

Mikrovitamin memainkan peran penting dalam tubuh Anda. Namun, vitamin dalam jumlah besar tidak diperlukan. Apalagi jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin. Kebutuhan nutrisi seseorang sangat bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Ada sekitar 13 jenis vitamin, masing-masing memiliki fungsi spesifik dalam tubuh Anda.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Dari pertumbuhan dan pembelahan sel, pertumbuhan dan perkembangan janin, hingga fungsi reproduksi. Mikronutrien ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata, sistem kekebalan tubuh, dan kulit.

Kurang Mineral? Cek Makanan Yang Mengandung Mineral Berikut!

Oleh karena itu, kekurangan vitamin A menyebabkan kebutaan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Sedangkan kelebihan vitamin A dapat menyebabkan mual, muntah, kehilangan nafsu makan, mudah tersinggung, rambut rontok, dan penyakit kuning.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Terdapat 8 jenis, masing-masing vitamin B memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Namun secara bersama-sama, vitamin B berperan dalam mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan yang Anda makan menjadi energi.

Vitamin B1, B2 dan B3 membantu menjaga kesehatan kulit. Pada saat yang sama, vitamin B5 membantu sel-sel tubuh memproduksi asam lemak dan sejumlah hormon. Ia juga mengandung vitamin B6, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu memproduksi sel darah merah.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Jenis Makanan Sumber Protein Tinggi, Sumber Energi Untuk Jalani Puasa

Biotin atau vitamin B7 berperan dalam meningkatkan produksi asam lemak dan asam amino. Sementara itu, vitamin B9 berperan penting dalam pembelahan sel, terutama pada ibu hamil, sehingga mengurangi risiko cacat lahir dan kelahiran prematur.

Dan terakhir, vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi saraf. Kekurangan vitamin B menyebabkan gangguan proses metabolisme, dan juga dapat menyebabkan penyakit seperti anemia, kekurangan vitamin, dermatitis dan diare.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Asam askorbat diperlukan untuk produksi kolagen. Tak heran jika vitamin C menjaga elastisitas kulit, menyembuhkan luka, dan memperkuat pembuluh darah. Selain itu, vitamin C berperan sebagai pembawa pesan antar saraf (neurotransmitter) untuk menghasilkan serotonin dan norepinefrin.

Makanan Yang Mengandung Mineral Yang Diperlukan Untuk Tubuh

Antioksidan dalam vitamin C menghancurkan rantai radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Dengan demikian, vitamin C secara tidak langsung mengurangi risiko penyakit kronis.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia, gusi berdarah, luka kronis, kerusakan sistem saraf dan hilangnya massa otot. Lebih buruk lagi, asupan vitamin C yang tidak mencukupi melemahkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi patogen. Hal ini tentu membuat Anda lebih rentan terserang penyakit.

Vitamin D, juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari”, meningkatkan penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan membantu tubuh melawan infeksi. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang seperti osteomalacia, atau pelunakan tulang, dan rakhitis. Jika Anda kurang minum, tubuh Anda lebih rentan terkena infeksi.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Makanan Yang Mengandung Vitamin C Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Kaya akan antioksidan, vitamin E dibutuhkan untuk melindungi sel dari kerusakan. Mikronutrien ini juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu produksi sel darah merah, memperlambat penuaan, serta mengurangi risiko katarak dan radang sendi. Kekurangan vitamin E menyebabkan anemia hemolitik.

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K meningkatkan risiko pendarahan dan patah tulang.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis vitamin dan fungsinya serta risiko kekurangannya, sebaiknya Anda mengetahui cara memenuhi kebutuhan berbagai vitamin tersebut. Caranya adalah dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung berbagai vitamin.

Daftar Makanan Yang Mengandung Vitamin A, B, C, D, E, Dan K

Tubuh Anda membutuhkan setidaknya 0,5 hingga 0,6 mg vitamin A setiap hari. Nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan, termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan kaya vitamin A antara lain: wortel, kentang, bayam, pepaya, telur, keju, hati, dan minyak ikan cod.

Makanan Yg Mengandung Banyak Vitamin

Kebutuhan tubuh Anda akan vitamin B setiap hari: 1,1 – 1,5 mg vitamin B1; vitamin B2 sekitar 1,0 – 1,6 mg; vitamin B3 yang diperlukan 10-15 mg; vitamin B5 membutuhkan 5-6 mg; vitamin B6 sekitar 1,2-1,7 mg; vitamin B7